Tuesday, January 03, 2006

Perkumpulan-perkumpulan Primordial


Saya punya teman -orang dari daerah lain- sesama mahasiswa di kota ini.

Saya ingat, suatu kali saya bertanya kepadanya, "Saya dengar mahasiswa-mahasiswa dari daerah kamu punya perkumpulan-perkumpulan sendiri, benar begitu? Saya lihat jaketnya suatu kali. Lantas mengapa saya tidak pernah melihatmu memakai jaket semacam itu, kamu tidak ikut rupanya?"

Dia jawab, "Wib, jaman begini masih bicara soal perhimpunan-perhimpunan primordial, mau jadi apa kita? sebagai intelektual (lebih suka saya ingat dgn kata 'mahasiswa') bukankah seharusnya kita membangun jembatan-jembatan transkomunal, bukan sebaliknya mengekalkan pemikiran-pemikiran tradisional yang feodalistik."

Saya bilang, "mungkin dengan begitu mereka dapat banyak kemudahan dalam bertahan hidup di perantauan?"
Teman itu menjawab ketus, " Sebuah pragmatisme yang dibungkus primordialisme, itu omong kosong! Mereka frustasi dan membawa kejayaan nenek moyangnya ke tanah orang."

Saya diam saja, untuk kemudian tidak pernah menyinggungnya lagi...

No comments: